Tuesday, April 13, 2010

Kangen Emih

emih. Tenangkah di alam sana? Emih itu panggilan buat nenek saya. Emih sapa apa. Itu basa sunda cirebon buat panggilan ayah ibu. Tapi saya pake buat nenek kakek. Mereka orang kuningan. Deketanlah sma cirebon.


Saya kangen emih. Kangen kalo mama keluar kota dan emih sama apa terpaksa harus ke bandung. Emih selalu jemput saya sekolah waktu saya di TK sama di SD. Emih selalu kasih apa yang saya mau. Entah itu baik atau buruk buat saya.


Mungkin sebenernya emih lebih deket sama saya daripada mama. Saya selalu habisin 2 minggu full kalo lagi liburan di rumah emih. Saya bantu beliau di kebun. Saya bantu beliau jualan di pasar. Saya bantu beliau ngebantuin masak kalo temennya ada hajatan.


Emih iraha ka bandung? Itu yang saya ucapin kalo saya bicara sama beliau di telefon. Emih nyiapkeun pia-pia tuh karesep teh ana. Itu yang emih bilang kalo bulan puasa saya ke kuningan. Pia-pia itu kaya bala-bala tapi cuma tepung sama kol aja. Ukurannya lebih kecil dan di makan sama sambel yang warnanya ijo dan agak cair karena pambuatannya emang pake air. Ga kaya sambel kebanyakan.


Emih orang kedua yang saya sayangi dan ninggalin saya.


Orang pertama itu Aki Iing Solihin. Beliau Adiknya emih tapi tinggal sama keluarga saya di bandung setelah beliau merantau lama di jambi.


Saya ga tau nama aslinya siapa. Yang saya tau nama di akte kelahirannya Iing Solihin, nama di akte nikahnya Udin dan nama di KTPnya Jonny.


Aki Iing orang yang gaol buat ukuran kakek-kakek sebayanya. Saya inget parfum dia itu rebel dari oriflame. Harganya 200rb waktu saya masih SD.


Aki iing kadang emang orang yang cerewet. Tapi cerewetnya itu cerewet yang mendidik. Beliau selalu jemput saya sambil bawa payung kalo pas saya mau pulang ujan. Beliau suka ajak saya ke telkom tiap hari minggu. Di sana ada pengajian dan banyak yang jualan.


Saya inget waktu saya curhat sama aki Iing kalo di sekolah lagi tren dompet yang ada risletingnya. Kaya notebook. Tapi ga terlalu di tanggepin karena saya cerita waktu saya emang lagi masak sama aki. Tapi ternyata ga gitu. Malemnya beliau pergi ke pasar malam yang ada di KPAD. Beliau pulang sambil beliin dompet yang saya mau itu. Coraknya army. Persis kaya kepribadian saya.


Ada kalanya saya benci sekolah di DA. Itu yang kejadian waktu aki iing sama emih meninggal.


Saya baru di kasih tau kalo emih meninggal 3 hari setelahnya. Itupun dari bu hasanah. Beliau di suruh sama mama. Kenapa mama ga bilang langsung? Saya juga ga tau. Padahal mama tau saya sangat deket sama emih. Mama jahat! Itu yang saya teriakin waktu di mushala pas bu hasanah bilang berita itu sama saya. Berita itu bikin saya bolos LC. Bikin saya ga sekolah pas subuhnya karena kondisi mata saya yang bengkak dan badan saya juga agak anget.


Saya inget meninggalnya aki. Itu gara-gara kanker prostat. Meninggal jam 8 tanggal 28 taun 2006. Kalo emih saya agak lupa. Yang pasti itu beberapa hari setelah beliau ulang taun. Setelah beliau ngadat ingin ke garut buat jemput saya. Dan setelah beliau curhat tentang ulang tahunnya.


Kadang saya suka nangis liat orang lain punya nenek. Saya kangen rewel ke emih buat jajan di warungnya bi mimin. Saya kangen manen melinjo sama cengkeh buat kita jual di pasar. Kaya kangen bikin koecang dan bikin pia-pia bareng beliau. Saya kangen pergi ke telkom bareng aki. Saya kangen dengerin curhatan aki tentang mantan istrinya dan kehidupannya selama ngerantau ke jambi di kamar aki yang paling atas itu. Saya kangen rewel sama aki buat jemput saya walaupun ga hujan. Saya kangen ke kuningan dan berlebaran sama emih & aki nangih uang THR dan nawar karena nominalnya.


Emih, aki, semoga tenang di alam sana. :')


Dari Saya buat nginget Almh. Narsih & Alm. Iing Solihin.

Friday, April 09, 2010

Allah Selalu Menjawab Ya.

Allah selalu berkata ya. Itu yangsaya inget dari kata-kata a ginan. Awalnya saya sangat acuh sama pernyataan itu. Kadang sya pikir kalo Allah itu hanya berbuat sekehendak walaupun memang itu akan jadi yang terbaik buat kita. Saya selalu pikir kaya gitu dulu. Tapiga lagi sejak hari ini.

Pagi tadi saya pikir ini bakal jadi hari terburuk buat hidup saya. Kenapa? Karena hari ini hari tampilnya musikalisasi puisi. Jangan tanya kenapa. Anak teater juga bisa malu sewaktu-waktu. Mungkin hal itu sepele buat dijadiin alesan kenapa saya bilang ini hari terburuk dalem hidup saya (kedua kalinya setelah saya ketauan baca komik di kelas). Tapi ternyata hari ini emang hari terburuk yang pernah saya alamin. Mau tau?

- Musikalisasi tetep jadi hal yang terburuk dalem idup saya. Ga tau kenapa. Tapi saya pikir lirik yang helmi buat itu sama kaya nasip saya buat mantan saya yang ngehe itu. Ya, saya emang masih suka sama dia. Kenapa sih harus cinta temanya buat hal yang penilaian kaya gini? Sangat tidak mendidik kalo menurut saya. Ga tau tah menurut mereka. Tapi udahlah. It's over.

-Hari ini pertama kalinya saya bawa motor ke sekolah. Saya bawa jaket. Bukan jaket pastinya. Tapi kemeja. Yang saya pake ngedate waktu sama dia. Dan itu dia yang kasih juga. Pulangnyatuh kemeja ga saya pake. Saya selempangin ke tas saya yang emang selempang. Saya pake motor saya buat ke rumah. Ambil helm sama surat tilang dan siap-siap buat pergi ke dago sebelum orang yang jumatan selesai. Tau apa yg terjadi? KEMEJA SAYA ILANG,!!! dan saya sadar itu pas depan rumah. Pas saya mau buka pager. Saya balik lagi ke jalan yang saya lewati tapi ternyata emang ga ada. Tak apalah. Kayanya emang udah ada yang mulung. Aduuuuuh, saya berani bayar berapa aja deh buat yang nemu tuh kemeja. Itu satu-satunya peninggalan dari diaaaa,!!!

-Saya jalan ke pasurapati. Itu jalan yang mau ke aria jipang. Nama jalan tempat sekre afs. Ternyata afs belum buka. Saya naik ke pasurapati lagi. Niatnya buat ke ledeng. Rumah saya yang dulu. Saya punya banyak temen di sana. Tapi ternyata tepat di tengah jalan (sumpah ie mah saya ga ambil jalur kiri atau kanan. Saya lagi di tengah karena jalan emang lagi kosong). Motor saya tiba-tiba mati. Orang-orang teriakin bensin motor saya bocor. Ga tau harus ngapain. Aduuh. ie motor anyar,!! Seminggu aja belum.

Pinggirin tuh motor. Saya spontan langsung telepon puspa. Cuma dia yang saya inget punya vario. Edan. Kesel gilalah saya di sana. Di klaksonin sana-sini sampe akhirnya saya nangis. Saya teriak minta tolong (Siga naon wae. Tapi ini spontan saya lakuin. Tanpa mikir lagi.). Ada bapak-bapak yang mau bantu saya. Turulah motor itu ke jalan biasa (bukan jalan layang maksudnya). Ada bengkel motor tapi saya tetep keukeuh telepon puspa. Aduuuh, maaf ya pus. Frontal bangetlah saya hari itu. Saya nagis sambil telepon puspa.

Kesel saya sama tukang mie ayam yang daritadi ngeliatin saya nangis sambil katawa. Sangat keseeel,!!! Orang-orang pada bilang itu motor harus beberapa hari di sana. Buat di benerin katanya. Saya tetep cerewet sambil nangis. Mereka (orang yang ada di bengkel butut itu) pada bilang hal yang sama. Dan saya bilang saya bakal tetep nungguin tu motor sampe kapanpun itu. Jujur, saya sieun pisan di marahin sama papa. Walaupun sebenernya saya lebih sieun kalo Allah yang marah.

Beuuuh, tapi ternyata kagak,!!! Tu bagasi motor di buka baudnya. Terus di sambungin pipanya dan VOILA,!!! bener deh tu motor. Ga kesel gimana kan? Saya juga bisa atuh kaya gitu doangmah. Bayar deh 15rebu. *dg hati sangat dongkol dan merasa sangat bodoh.

-Saya jalan karena jam udah nunjukin jam setengah 3. Saya pikir aria jipang itu pasti udah buka. Saya jalan dan di perepatan cafe blackberry saya mau ke arah kanan tapi mobil di sebelah kanan saya mau ke arah kiri. Saya agak mundur deh. Mempersilahkan karena saya takut ngegores cat mobilnya. Karena saya tau gimana ngadatnya seseorang kalo mobilnya ada goresan. Udah di persilahin tu mobil malah nge.gas banyak. Saya yang lagi berusaha mundur (motor kan ga se ringan sepeda hey,!) ternyata mobil itu nabrak saya. Pas di tengah-tengah perepatan. Saya jatuh dan ga tau gimana jatuhnya saya juga ga ngerti, tiba-tiba tu motor udah ninggang badan saya walaupun cuma bagian bawah tapi sakitnya aspal panas tiada taralah (selain neraka tentunya).

Saya jatuh dan teriak tolong karena saya ga kuat ngangkat motor itu dari badan saya. Saya langsung ga sadar. Tapi saya berusaha bangun karena saya inget saya punya motor sekarang. Yang nolong saya waktu itu pengamen. Mereka teriak anak SMA awewe apaaa gitu. Saya ga senger jelas suara mereka.

Saya liat lutut saya dan lukanya sangat mirip banget sama luka yang waktu itu. Baelah. Sadar ga sadar saya harus ke aria jipang. Saya di suruh tiduran dulu sama ibu-ibu yang nolong saya. Itu pengendara yang sengaja berhenti. Makasih buat ibu itu (saya ga sempet kebnalan).

Singkat cerita saya pulang dan langsung ke metro. Ke saudara saya buat ngerjain sejarah. Mantap tah luka. Peureuuuus pisan. Jam setengah 6 peer selesai dan saya pulang. Macet. Dan tetep sampe rumah. Alhamdulillah dengan selamat.

Tau pelajaran dari cerita saya? Allah selalu berkata ya. Saya yang semula pikir ini hari terburuk dalaem idup saya jadi kenyataan. Hari ini emang jadi hari terburuk.

(pengen nulis banyak sih tapi lagi males. udah malem. jadi saya ringkas)

Allah akan mengiyakan segala hal yang kita ucapkan. Allah udah kasih kta segalanya. Kita udah ngasih apa sama Allah? Mulai dari sekarang saya akan selalu berkata hal yang baik-baik. Insya Allah. Saya usahakan.

Dengan begitu, saya bakal berusaha buat bilang hal yang baik-baik aja. Semoga saya bisa. Amiin.

Udah ahh. Pedih mata nih cape abis nganter mama belanja malem ini. Dadaaaah :)

Wednesday, April 07, 2010

Sebeel,!!!

Saya sebel sama kamu yang punya id fb1725264797&ref=ts GEULEUH,!!!! SUMPAH GEULEUH,!!! dasar amfibi ga tau terima kasih,!!! Tukang rampok,!!! amfibi nista,!!! Bahkan kalo saya liat foto kamu sama pacar kamu yang banci itu saya ga bisa bedain mana cwenya, mana cwonya. KARENA KALIAN ABNORMAL,!!! Dunia ini sangat jelas terliat tanda-tanda kiamatnya dari kedatangan kamu,!!! jenis yang menyerupai lawan jenisnya,!!! jangan berlaga pinter deh lo,!!!?

Cape saya pura-pura baik sama kamu. CAPEEEE,!!!! dan ini yang bikin saya beruntung jadi orang sunda. Ramah tamah itu emang adat. Bukan dari hati. Hati saya sama ke ramahan saya kaya bumi sama langit kalo kamu ingin tau. Dan ini juga yang bikin saya sangat bersyukur bisa akting. Karena saya bisa nyembunyiin kemarahan saya. Bahkan ngerubah semuanya jadi ramah. Tapi yang saya terima cuma lunjakan kamu. Rampokan kamu yang secara ga langsung. BENCIIII,!!!!

*semoga kamu sadar dan biar Allah saja yang balas kekesalan saya

Tuesday, April 06, 2010

Saya dan masih tentang papa saya

Papa Kepala UPTD SMA wil.II kab.bandung. Semua kebijakan sekolah saya dia salah satunya yang nentuin. Sekarang ini lagi ada olimpiade tingkat perkota yang bakal ada tingkat jawa baratnya (mun lulus).

Papa tanya malem ini,''ari ana kurang dina pelajaran atau kumaha? pira oge olimpiade kie te kabawaan''

Hadoooh, sumpah saya mah ga tau apa-apa tentang olimpiade. Boro-boro tentang pelaksanaannya, waktu pemilihannya aja saya ga tau. Yang saya tau waktu itu fikri X-1 lagi baca biologi. Pas temennya liat, dia bilang,''fikri, buat olimpiade yah? good luck yah''. Saya bengong aja sambil baca komik. Males tanya.

Bukannya apa-apa ya, bukannya saya itu di kelas unggulan? biasanya kan kalo dari kelas unggulan di dahuluiin buat hal yang kaya gini. Maaf. Bukan berarti harus segala sesuatu itu sama kelas unggulan. Tapi setidaknya ada pengumuman gitu. Hadooh, gimana yah ngejelasinnya? ngertilah meren.

Saya padahal sanggup olimpiade. Kalo kimia itu juga. Kalo matematik sama fisika saya, beuuuuh, jangan ditanya, NOL,!! hhaha *ga ding. Cm ngerasa standar aja. tapi bukan berarti saya ngerasa wah di kimia. Saya cuma suka aja (naooon)

Yah, saya mungkin bego. Saya mungkin tolol karena ga ikut olimpiade. Tapi tiap orang itu emang punya prestasi di bidangnya kan? Sok geura yang juara olimpiade itu bisa ga kalo saya ajak adu scrabble atau adu akting?! *gilalah belagu pisan saya.Ckckck

Huufth, ngerti kan apa maksudnya saya nulis ini? Yang pengertian dan perhatian sama saya pasti ngerti. Hhaha *apa sih anaaa?ckck

Yu ah, nj hoream nulis. Jadi te pake perasaan kie. Mangga.
Wassalam

Sunday, April 04, 2010

Tazmania O Spongebob?

Tau tazmania? kalo ga tau pokonya harus tau! *maksa,hhaha

Saya suka tazmania sejak mama beli seprei tazmania buat di asrama. Semua alat tidur saya tazmania. Mulai dari bedcover, seprei, bantal, guling sama boneka. Dan saya juga punya mug tazmania dulu. Tapi pecah waktu lagi di ruang makan. Saya punya tempelan kaca tazmania. Itu oja yang kasih saya.

Saya pernah mikir kalo kartun yang kita suka itu ngaruh sama kepribadian kita. Contohnya yang suka spongebob. Saya berani jamin cuma orang childish yang suka itu. *jangan tanya siapa soalnya barusan saya yang nulis kan? Dan Tazmania. Saya berani jamin yang suka tazmania itu orang yang tegas dan dewasa.

Naaah, saya suka dua-duanya. Jadi apa kepribadian saya? Jangan tanya saya karena saya juga ga tau.

Hmm, saya emang ga pernah stabil orangnya. Kadang baiiiiik banget. Kadang juga ngeseliiiiiiin banget. Tul ga? Kadang juga saya cerdaaaaaas banget. Tapi kadang juga saya oooooooooon banget.

Ya, saya pikir segala sesuatu itu emang ga ada yang stabil kan? kecuali kalo aksinya 0 maka reaksinya juga 0 sehingga ga ada perpindahan yang bikin itu jadi ga stabil. *koq nyambung ke fisika ya? padahal saya ga pinter fisika tuuuuh.

Apa sih tujuannya saya nulis kali ini? Saya juga ga tau. Hhehe. cuma sekedar ngisi waktu aja. Lagi pengen ngetik tapi ga ada tugas. *lho?emang kalo ngetik pas ada tugas aja? ga juga kan? Yaaa, kadang saya mikir kalo tugas itu penting banget ada. Biar saya mikir. Buktinya tugas saya udah beres semua sekarang *insyaallah dan kayanya saya cuma ngisi liburan kali ini sama tidur, makan, dvd. Nothing else cuz nothing that I can do.

Udah ahh, Shalat dulu, yu, Assalamualaikum

*eeh, yang baca coment atuuuuh, masa udah 100 post lebih ga ada coment satupuuun?!!

Adit...

Mau cerita tentang adit. Bukan Aditia Ahmad Azhari atau Aditya Pratama Putra Sunarsa yang saya kenal waktu SD, bukan juga Aditya Setya Pratama atau Dwi Auditya Muttaqien yang saya kenal waktu SMP, dan bukan juga Adithia Herlambang atau Aditia Dwi Pratama yang saya kenal waktu SMA.

Tapi ini adit yang lain. Adit yang ga pernah saya kenal. Adit yang selalu saya copy-paste kata-katanya. Adit kutu buku yang dijulukin googleboy. Adit yang memotivasi saya buat jadi googlegirl,hhaha.

Adit yang saya langganin entired blognya. Adit yang banyak pengalaman karena aktiv. Adit yang cerdas karena hobby baca. Adit yang matanya masih normal walaupun 500 buku udah dia lahap. Adit yang saya follow blognya. Adit yang ga pernah saya tau. Adit yang ga pernah saya kenal.

Saya ga tau darimana saya tau dia. Tapi masa weh saya tiba-tiba tau? Saya ga kenal adit yang satu ini. Tapi saya seneng bisa tau masih ada orang yang kaya dy.

Alim, sopan, tegas, wibawa, kutu buku, cerdas, pinter main bowling sm billiard. Ahhh, jarang pisan lah!

Tapi barusan saya hadepan muka sama dia. *beuuh,gt aja bangga na,ckck. Jangan tanya lah ketemu dimana. nanti ketauan atuuh.hhaha.

Pinter itu emang yang bikin saya kagum banget sama dia. Saya emang sangat suka yang pinter. Sesuai semboyan saya : clever,better. walaupun saya emang ga pinter.hha. Tapi saya juga usahain buat pinter koq.hhe.

Kembali lagi ke Adit. maksih buat Adit yang ini. Kamu emang ga kenal saya tapi saya kenal kamu. Saya tau negara mana aja yang udah kamu injakin tanahnya. Saya tau mama kamu. Saya tau pacar kamu saya tau banyak walalu ga semua. Makasih udah ngeinspirasiin dan ngemotivasi saya walaupun kamu emang ga tau siapa saya. Saya ngefans sama kamu bukan berarti saya suka kamu kan? Taruslah mengudara googleboy!! hhaha :D

Saya mau tanyalah. Emang apa sih artinya adit? koq banyak banget orang tus yang pake nama itu?Ckck

Saturday, April 03, 2010

gegejehan

lagi nangis di kamar.sendiri. Ga bisa buka blog kl di kamar soal.a modem.a d.ruang tngah. Jd pk note aj.ga tw knp, sy hrus slalu nulis tntg prsaan sy. Entah itu bgus, entah itu buruk. Biasanya sy nulis d.diary. Tp smenjak sy pny blog, diary sy yg udh ada 6 jlid itu unactive.

Naah,sy mw curhat. sy malu d.blg gila gr2 crhat sm bonnie.jd sy crhat di note aj.dan semoga ga ada yg baca.

Papa maunya apa?! Itu yg pgn sy tnyain sm beliau kl sy jd orang yg ga sopan. Syang.a sy msh sdkit sopan.

Sy ga boleh main teater. Tau apa alesannya? Dy blg, ''teater itu mengikat sistimnya. Dan kita bs aja susah kluar dr situ.lgyn msh byk kan hoby yg lbh positive,'' alasan yg sangat ga msuk akal.

Ada bbrapa hal yg bs sy simpulin dr kt2 dy td...
-teater itu negative di mata dy.
-teater di samain sm geng2 xtc atw apalah.jlas2an teater itu ga meribetkan kita ky gt taooo!!!
-teater itu bukan hal yg baaik
-anak teater itu pny predikat muka dua bwt dy.

Entahlah.blablabla sy ga mw peduli sm kata2 dy. sy pun keluar gitu aja dr sana setelah sy bertahun2 'berkiprah' disana. Pengorbanan sy yg gitu aja jd angin.

Sekarang sy ga boleh ikut afs. Ya sy tau mungkin mereka malu kl sy daftar. Sy cm orang biasa yg selalu mrka anggap bodoh. Yang sangat tidak berprestasi di bidang apapun dan tak mampu ngelakuin hal apapun apalagi hal yg muluk di mata dy ky amerika.

Plislah sy udah ckup skit hati sm omongan pa oyo sang wakasek. Sekarang apa lagi?

Sy emang ditakdirin gini mungkin. Harus jd boneka ky apa yg mereka suruh. Sy sangat ingin masuk IPS tp tanpa tanya apa2 mreka (mama papa) nulis IPA jd plihan sy dg alesan yg sama sekali ga pernah kepikiran sama saya. Cik ath hargai keberadaan batin saya.

Sekarang sy terdaftar di deretan anak yg 'ingin' masuk IPA krn form itu.

Okeh. Sy nurut untuk hal ini. Tapi apa untuk hal lainpun sy harus pake semua keputusan dr kalian (mma ppa)? Kl klian yg nentuin jrusan sy, skalian aj klian yg skola. Klian yg kulyah. Klyn yg nysun skripsi. Klyn yg kerja. Kalyn yg idup 'n I never exist,!!!

Saya selalu berusaha sabar. Typ keputusan yg klyn buat & itu ga spendapat sm sy, sy slalu berusaha berfikir kl klyn ngsih yg terbaik bwt sy. Tapi manaaaa?! Hasilnya sama sekali ga kaya gitu nyenye!! Saya mlah ngerasa sangat terpuruk sekarang.

Udahlah kalian jgn ikut campur masa dpn sy. Ckup ngsih sy mkan sm onkos doang jg itu udah ibadah. Jd ga perlu nglebihin batas itu.

Lagian klyn ga tw apa2 tntg sy yg sbner.a kan? Klyn ga tw sy pernah lomba ini - itu klyn ga tw,!!

Klyn terlalu terobsesi sm skenario klyn bwt sy peranin. Tanpa peduli kondisi pemeran.a ky gmn.

Udah dulu ahh, mata sy jd sembap gni. Dan yg pling ingin sy blg sm klyn. KLYN GA TW SYPA SY SBNER.A,!!! Jd ga usah repot2 nyruh sy ini-itu. SY CAPE,!!! Sy emg ga bs di banggain. Sy emang ga pernah sempurna di mata kalian. Tapi tolonglah hargain keberadaan obsesi sy.

Udah ya, sy pedih mata.



*itu copy dr note fb